Yusuf Pimpin IPNU Kabupaten Sukoharjo

Sukoharjo – Perhelatan akbar dua tahunan di tubuh Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Kabupaten Sukoharjo yaitu konferensi cabang (konfercab) berakhir sudah. Yusuf diamanati sebagai Ketua PC IPNU Kab. Sukoharjo massa khidmat 2017-2019 menggantikan Atsani, ketua sebelumnya. Acara yang berlangsung selama sehari ini, menghasilkan ketua baru sebagai suksesor kepengurusan periode selanjutnya.

Konfercab yang digelar di Pendopo Kelurahan Sukoharjo pada Minggu, (07/05) ini  diikuti perwakilan 9 Pimpinan Anak Cabang (PAC) IPNU dan utusan dari Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWC NU) yang ada di Kab. Sukoharjo. Dalam sidang pemilihan ketua yang dipimpin oleh utusan PW IPNU Jawa Tengah, Muhammad Hidayatullah, sempat memunculkan ketegangan.
Berdasarkan tata tertib pemilihan ketua hanya ada satu calon yang berhak mengikuti ke tahap definitif yaitu  Ridho Winarso yang mengantongi 8 suara. Hal itu karena dalam tata tertib calon ketua cabang minimal didukung 5 suara dari pemilih yang hadir. Setelah ditetapkan secara  aklamasi, pada saat proses verifikasi kriteria ketua cabang dan dimintai kesediaanya,   Ridho menyatakan ketidaksanggupannya menjadi ketua PC IPNU Kab. Sukoharjo. Hal ini membuat presidium melakukan sidang pemilihan ketua kembali.

“Ketika calon telah terpilih dan tidak ada yang lain, maka akan dilakukan proses aklamasi. Akan tetapi dikarenakan calon tidak bersedia, maka dilakukan pemilihan ulang. Inilah mekanisme yang berlaku. Mekanisme ini berguna mengawal prosesi pemilihan secara baik dan valid,” Tutur M. Hidayatullah.

Dalam pemilihan ulang nama Ridho dan Roni muncul kembali, namun kali ini mereka berdua sama-sama mengantongi 2 suara. Yusuf yang merupakan perwakilan dari PAC IPNU Kec. Sukoharjo akhirnya ditetapkan secara aklamasi sebagai ketua cabang setelah mendapatkan 5 suara.

Menanggapi hal tersebut ketua PW IPNU Jawa Tengah Ferial Farkhan menyampaikan bahwa “Untuk menjadi seorang pemimpin di IPNU memang harus mempunyai kesiapan secara lahir dan batin, dengan terpilihnya rekan Yusuf diharapkan siap untuk menjadi nahkoda yang bisa membawa IPNU Kab. Sukoharjo lebih baik dikemudian hari” (Kurniawan/Red)

 

 

Terkait
Terbaru

More Similar Posts

You must be logged in to post a comment.
Menu