IMG_20190716_061946

Tingkatkan Kualitas Dan Militansi Kader, Pelajar NU Batang Selenggarakan DIKLATMAD II

Dalam rangka meningkatkan kualitas kader NU di wilayah Batang, DKC Corp Brigade Pembangunan bersama DKC Korp Pelajar Putri Kabupaten Batang menyelenggarakan Pendidikan dan Pelatihan tingkat Madya atau yang kerap disingkat DIKLATMAD II pada 11-14 Juli yang bertempat di SMP N 4 Reban, desa Mojotengah Kecamatan Reban-Batang.

Kaderisasi tahap lanjut setelah DIKLATAMA ini diikuti oleh 56 peserta yang terdiri dari 23 peserta laki-laki (CBP) dan 33 peserta perempuan (KPP) yang berasal dari kabupaten Batang, Pemalang, juga Banjarnegara. Adapun menurut ketua Panitia Rekan Muhammad Ilham Subkhi bahwasanya Diklatmad ini pernah diseleggarakan di desa Pangempon, kecamatan Bawang tahun 2015 silam, dan yang ini adalah yang kedua kalinya DKC. CBP dengan DKC KPP mengadakan kegiatan tersebut.

Acara ini dibuka oleh secara simbolis oleh sekretaris PCNU Kabupaten Batang, bapak Abdul Munir, S.Ag, S.Pd dan disaksikan langsung oleh PC. IPNU & PC. IPPNU Kabupaten Batang, PCNU Kabupaten Batang, PW IPNU, PW. IPPNU Jawa Tengah, Banom ranting NU Mojotengah, dan Koramil dan Kapolsek setempat.

Bapak yang akrab dipanggil Munir tersebut berpesan kepada seluruh peserta kegiatan juga pada seluruh kader IPNU IPPNU yang hadir untuk maksimal dalam berorganisasi terkhusus di IPNU & IPPNU dan tidak boleh setengah setengah. Bahkan jika perlu IPNU IPPNU harus di nomor satu-kan mengingat manfaatnya yang begitu besar bagi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Dalam sambutan dari Ketua IPNU Jawa Tengah Ferial Farkhan juga berharap besar kepada PC IPNU IPPNU Kab. Batang terkait dengan kekonsistenannya dalam menyelenggarakan kegiatan pengkaderan guna meningkatkan kemampuan dan militansi kader.

Selama 4 hari berlangsungnya kegiatan para peserta dibekali beberapa materi antara lain : Aswaja, ke-NU-an, IPNU/IPPNU, CBP/KPP, dan orientasi kedepan. Selain itu ada juga materi tambahan yaitu bela diri, SAR, Pertolongan Pertama, dan juga Wawasan Kebangsaan. Walau cuaca di Mojotengah cukup dingin namun semangat dari para peserta tampak menggebu-gebu dan sangat antusias dalam mengikuti seluruh runtutan acara yang diawasi oleh instruktur dari Dewan Koordinasi Wilayah (DKW) CBP Jawa Tengah Komandan Sukron

Harapan dari diselenggarakannya kegiatan ini adalah mencetak kader berintelektual tinggi, serta dapat menempatkan diri didalam posisi apapun untuk dapat melanjutkan tujuan organisasi. Seperti yang diharapkan juga oleh Komandan DKC. CBP Kabupaten Batang, Rekan Kholilul Maksum yang mengharapkan seusai dari DIKLATMAD ini para peserta yang lulus bisa menjadi kader militan yang bermanfaat di mayarakat sesuai dengan kapasitas yang dimiliki dan melanjutkan perjungannya di DKAC (Dewan Koordinasi Anak Cabang) di masing-masing kecamatan.
DIKLATMAD II BATANG : Ketua IPNU Jateng menyampaikan bahwa 23% Mahasiswa Indonesia terpapar radikalisme

23 % Mahasiswa Indonesia sudah terpapar Radikalisme sehingga perlu ditanamkan sejak dini tentang wawasan kebangsaan ujar ketua Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Rekan Feri dalam sambutannya pada acara DIKLATMAD II yang diselenggarakan di Kecamatan Reban, Kabupaten Batang (11/7/2019).

Dewan Koordinasi Cabang Corp Brigade Pembangunan (DKC. CBP) bersama Dewan Koordinasi Cabang Korp Pelajar Putri (DKC. KPP) Kabupaten Batang menyelenggarakan kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Tingkat Madya (DIKLATMAD) kedua di desa Mojotengah, Kecamatan Reban, Kabupaten Batang pada hari Kamis tanggal 11 Juli 2019 sampai hari Minggu 14 Juli 2019.

Pada sesi pembukaan kegiatan ketua Pimpinan Wilayah Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama Jawa Tengah rekan Feri Ferial Farkhan Ibnu Ahmad berkesempatan menyampaikan sambutan, beliau menyampaikan bahwa Pelajar dan Mahasiswa Indonesia saat ini sudah banyak yang terpapar Radikalisme.

23% Mahasiswa yang sudah terpapar radikalisme di Indonesia ujar pria yang akrab dipanggil Feri tersebut

Dia juga menyampaikan bahwa sangat perlu dan penting sekali wawasan kebangsaan dan pentingnya mempertahankan NKRI diajarkan pada para pelajar ataupun mahasiswa agar paham radikalisme tidak semakin merajalela dikalangan pelajar mahasiswa.

Dia juga berharap besar kepada PC IPNU & IPPNU Kabupaten Batang terkait dengan kekonsistenannya dalam menyelenggarakan kegiatan pengkaderan guna meningkatkan kemampuan dan militansi kader IPNU & IPPNU di wilayah Batang.

dalam Diklatmad ke II ini peserta akan di tempa untuk menjadi pelajar pelajar pelopor yang menjadi garda terdepan dalam mengawal tegaknya Negara Kesatan Republik Indonesiasesuai dengan harapan diselenggarakannya kegiatan ini yaitu mencetak kader berintelektual tinggi, serta dapat menempatkan diri didalam posisi apapun untuk dapat melanjutkan tujuan organisasi. seusai dari diklat ini para peserta yang lulus diharapkan juga untuk bisa menjadi kader militan yang bermanfaat di mayarakat sesuai dengan kapasitas yang dimiliki dan melanjutkan perjungannya di DKAC (Dewan Koordinasi Anak Cabang) di masing-masing kecamatan.

Adapun peserta yang mengikuti kegiatan berjumlah 56 peserta yang terdiri dari 23 peserta IPNU dan 33 Peserta IPPNU yang berasal dari Kabupaten Batang, Kabupaten Pemalang, dan Kabupaten Banjarnegara.

_____________

Di Tulis Oleh : Nurul Mila / Lies Naeni ( Penggiat Literasi Pelajar Batang )

Terkait
Terbaru

More Similar Posts

You must be logged in to post a comment.
Menu