Uncategorized

Sumpah Pemuda, Apakah Sumpahmu Masih Sama?

41views

sumpah pemuda merupakah sejarah dimana kita disatukan, merupakan momen ajaib yang membongkar perbedaan menjadi persatuan. sumpah pemuda juga kini diperingati sebagai hari nasional diperingati dari setiap sekolah, kecamatan, pemda dan instansi-instansi lain lalu apa yang terkandung didalamnya? apakah anda atau ataukah sekedar hadir dan menjemur diri di tempat upacara.
sangat lucu ketika bangsa ini mulai teracuni dengan sesuatu yang seremonial yang terlalu suka memeriahkan sesuatu tanpa bisa memaknai apa yang terkandung didalamnya, sumpah pemuda merupakan momen bersejarah tentang kebangkitan pemuda bangsa, kebangkitan cinta dan komitmen menjaga kesatuan dan kemerdekaan indonesia. lalu apakah sumpah para pendahulu kita tersampaikan dan masih ada kini, pemuda yang mencintai negara pemuda yang menjunjung tinggi dan mengharumkan nama bangsa.
begitu miris pemuda bangsa kini mulai tak lagi melirik dengan hal yang bernama kebangsaan tak lagi kenal apalagi suka, budaya hedonisme kian berkembang sopan dan kesantunan kian luntur termakan waktu.

lalu apakah sumpahmu masih sama?

sumpah pemuda, sumpah yang dijunjung tinggi para punggawa bangsa, sumpah suci pemuda indonesia yang meneriakan cintanya pada negri, sumpahku padamu! sumpahku tetap sama sumpah pemuda untuk indonesia.

SOEMPAH PEMOEDA

Pertama: Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.
Kedoea: Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.
Ketiga: Kami poetra dan poetri Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.

Leave a Response