Sukses Adakan Lakmud dengan sistem Zona, inilah target jangka panjang kaderisasi PC IPNU IPPNU Rembang

Lakmud Zona PC IPNU IPPNU Rembang 2023

Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kabupaten Rembang adakan Latihan Kader Muda (LAKMUD) ber-sistem zona dengan tema “Mencetak Kader Muda yang Militan dan Berloyalitas Tinggi”. LAKMUD merupakan jenjang perkaderan menengah setelah MAKESTA.

Diawali dengan konsolidasi di masing-masing zona (barat, tengah dan timur) pada 5 sampai 7 Januari 2023 kemudian konsolidasi bersama Kaderisasi se-Cabang Rembang tanggal 8 Januari 2023 di Aula Bappeda Kabupaten Rembang, Kaderisasi PC IPNU IPPNU Rembang menginisiasi kegiatan Latihan Kader Muda (LAKMUD) dengan sistem zona yang terbagi menjadi Zona satu (Sumber, Kaliori, Rembang Kota) Zona dua (Bulu, Sulang, Gunem) dan Zona tiga (Pamotan, Sedan, Sale).

Rekan M. Khammas Ainun Ni’am waka kaderisasi PC IPNU IPPNU Rembang menjelaskan, “Sebenarnya kegiatan LAKMUD yang menyelenggarakan adalah Pimpinan Anak Cabang, namun karna masih ada beberapa Pimpinan Anak Cabang di Kabupaten Rembang yang belum mampu menyelenggarakan LAKMUD secara mandiri maka Kaderisasi PC IPNU IPPNU Rembang menginisiasi kegiatan LAKMUD ber-sistem zona.” Dikatakannya LAKMUD Zona ini bertujuan untuk pemerataan perkaderan di Kabupaten Rembang

Dalam konsolidasi yang digelar pada awal Januari lalu, Kaderisasi PC IPNU IPPNU Rembang menyampaikan target jangka panjang yang ingin dicapai setelah diadakannya LAKMUD dengan sistem zona ini. Setelah LAKMUD di masing-masing zona selesai akan diadakan Sekolah Instruktur Pelatih (SIP) untuk kader-kader lulusan LAKMUD zona yang nantinya akan menjadi Mitra Instruktur Pelatih (MITINPEL) untuk mengawal perkaderan MAKESTA di wilayah PC IPNU IPPNU Rembang. Kemudian pada puncaknya nanti akan diadakan Latihan Instruktur/Pelatih (LATIN-LATPEL), semua kader lulusan LAKMUD Zona wajib mengikutinya yang telah tertulis pada janji kader LAKMUD.

Rekan Sholikin ketua PAC IPNU Pamotan mengaku sangat setuju dengan LAKMUD Zona ini meskipun awalnya PAC IPNU IPPNU Pamotan akan mengadakan LAKMUD sendiri. “Awalnya PAC Pamotan akan mengadakan LAKMUD secara mandiri, namun karna dari Pimpinan Cabang Rembang telah menginisiasi LAKMUD dengan sistem Zona kami tidak mahu egois dan kami sangat mendukung”, ungkap Rekan Sholikin.

Kegiatan LAKMUD Zona dimulai pada tanggal 17-19 Februari 2023 (Zona Satu) di Gedung MWCNU Sumber dengan jumlah peserta 20. Zona Dua tanggal 3-5 Maret 2023 di Madrasah Roudlotul Tholibin Sambongpayak, Gunem dengan jumlah peserta 16. Kemudian diakhiri Zona Tiga tanggal 9-12 Maret 2023 di MA YSPIS Gandrirojo, Sedan 40 peserta. Pada LAKMUD Zona terakhir ini dihadiri langsung oleh ketua PW IPPNU Jawa Tengah Rekanita Dwi Sangita sebagai pemateri Ke-IPNU IPPNU-an II.

Admin Rembang

Admin Rembang

Leave a Reply