Berita DaerahNutizen

“Selapanan” Ajang Untuk Membentu Karakter Pelajar NU

54views

“Kita jalankan dan kita terapakan trilogi IPNU IPPNU yaitu Belajar Berjuang Bertaqwa” Kata Pembina IPNU IPPNU.

Medini – Ranting IPNU IPPNU Desa Medini melaksanan “selapanan” (kegitan rutin 5 minggu sekali) kegiatan meliputi membaca berjanji, tahlil, sholawat dan lain-lain. Acara berlangsung di mushola Roudlotul Izza gang 6 Desa Medini kecamatan Gajah, Kabupaten Demak. (30/08/2017)

Selapanan hanyalah sebuah nama yang sering di ucapakan di PAC Gajah, karena kata selapanan itu berasal dari kata bahasa jawa. Dalam 6 bulan terakhir di ranting medini Selapanan sudah menjadi kegiatan rutin setiap 5 minggu sekali, di mushola-mushola yang ada di medini secara bergilir.

Sebelumnya, selapanan itu menjadi kegiatan rutin PAC IPNU IPPPNU Gajah dan menjadi rutin dalam 1 tahun terakhir dan terus di laksanakan samapai sekarang. Suksesnya selapanan yang diadakan PAC Gajah membuat ranting-ranting menerapakan cara dan system yang hampir sama.

Bagian dari system yang dilaksanakan PAC adalah melaksanakan Selapanan secara rutin 5 minggu sekali dengan berlokasi di masjid-masjid desa di kecamatan gajah dan mengundang seluruh ranting se-kecamtan gajah. Acara PAC Alhamdulillah selalu sukses dan dihadiri ranting-ranting.

Akhirnya ranting-ranting di kecamtan Gajah mulai menrapkan kegitan itu untuk menyatukan anggotanya dan menjalin hubungan baikdan komunikasi antar ranting dengan mengundang dalam acara selapanan.

Selapanan di ranting medini malam ini dihadiri masyarakat sekitar mushola, beberapa ranting dan Ketua PAC IPNU Gajah beserta pengurus PAC yang Alhamdulillah berlangsung meriah, apalagi diiringi oleh grup rebana AT Taqwa (grup rebana yang personilnya terdiri dari kader-kader ranting medini).

Acara di mulai setelah sholat isya’ dengan di mulai MC untuk membacakan runtutan acara yang meliputi, pembacaan ayat suci Al  Qur’an, menyanyikan lagu mars ipnu ippnu, pembacaan tahlil, sambutan pembina ipnu ippnu, maulidur Rasul dan ditutup doa.

Bapak H.Muhammad Syarofi, S.Pd.I selaku Pembina IPNU IPPNU ranting desa Medini juga memberikan sambutan dan memberikan saran-saran untuk IPNU IPPNU.

“Kami akan terus melaksanakan kegitan ini secara rutin dan bertanggung jawab, karena kegiatan positif yang mebentuk karekter pelajar NU dan kepada bapak ibu untuk memebrikan izin anak-anakanya untuk aktif dan terus berpartisipasi dalam kegitan IPNU IPNU” ucapanya.

Setelah sambutan Pembina dilanjutkan maulidur Rasul bersama grup rebana At Taqwa kemudian di tutup dengan doa yang dipimpin oleh bapak Alif salah satu tokoh masyarakat yang hadir di acara selapanan. Sebelum berdoa beliau memberikan saran dan kritik untuk intropeksi diri dan memotivasi semua yang hadir di acara tersebut.

Pesan beliau seperti menyampaiakan tata karma yang baik khususnya pelajar yang hadir untuk bertata karma dengan baik khususnya kepada orang tua dan guru. Berhati-hati juga dalam membaca ayat-ayat Al Qur’an dan berjanji supaya tidak salah arti.(MCA)

Leave a Response