Relaksasi Otak Dengan Tawa

Beban dan tanggung jawab seoarang kader adalah memajukan dan melaksanakan amanat organisasi. Melakukan manufer dan beragam inovasi kadang membuat kepala kita berdenyut, hal ini biasanya terjadi karena otak kita terlalu keras bekerja. Dan salah satu cara untuk menanggulanginya adalah dengan humor. Tertawa terbukti bagus untuk kesehatan, tertawa bisa mencegah hampir 70 jenis penyakit. diantaranya seperti hipertensi, jantung, depresi, insomnia, pikun, migren, alergi dan lainya.

Bahkan ada sebuah terapi bernama Laughter Yoga, laughter Yoga pertama kali diperkenalkan pada tahun 1995 oleh Dr. Madan Kataria. Filosofi olahraga ini adalah menggerakkan tubuh dengan gembira sehingga membentuk pikiran dan perasaan yang gembira pula. Sekilas gerakan-gerakan dalam Laughter Yoga nampaknya seperti main-main, tetapi sebenarnya merupakan olahraga yang digabung dengan olah nafas yoga yang disebut pranayama. Pada saat tertawa, sebenarnya peserta tengah mengaktifkan pernafasan perut dan sumber energi yang berada di bawah pusar. Pada setiap sesi, peserta Laughter Yoga akan diajak bertepuk tangan lalu melakukan peregangan yang dilanjutkan dengan bertepuk tangan lagi sambil mengucapkan “Hohohahaha – hohohahaha,” berulangkali. Dalam sesi Yoga, peserta akan berinteraksi dan saling menyemangati dengan yel-yel sambil tertawa dan jeda bernafas beberapa kali. Sesi pun diakhiri dengan melambatnya gerakan dan relaksasi untuk mengajak peserta menyadari, mendengarkan, dan mengikuti nafas masing-masing dalam keheningan, tanpa tertawa sambil memejamkan mata.

Dengan tertawa, hormon anti stres (endorfin) akan dilepaskan dan akan mengalahkan hormon stres. Hal ini bisa mengurangi tekanan darah yang menimbulkan berbagai penyakit. jadi semakin banyak kita tertawa hormon endorfin akan semakin kuat sehingga akan mengurangi stres dan pikiran yang lebih tenang.

Oleh karena itu salah satu strategi untuk mengoptimalkan kinerja kader salah satunya melalui humor, tapi tentu saja harus diimbangi dengan gerakan yang nyata. Karena dengan tertawa tanpa kita sadari membuat emosional sesama kader menjadi lebih dekat dan suasana yang lebih cair.

Terkait
Terbaru
Nutizen

More Similar Posts

You must be logged in to post a comment.
Menu