Pesona Wisata Kawah Sikidang Dieng

Lokasi Kawah Sikidang

Jika anda berwisata ke Negeri Diatas Awan atau Dieng, ada satu tempat yang tidak boleh terlewat    untuk dikunjungi yaitu Kawah Sikidang. Beralamat di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Provinsi Jawa Tengah, Kawah Sikidang memiliki akses yang cukup mudah. Letaknya tak jauh dari Candi Arjuna dan Candi Bima sehingga biasanya mereka yang berkunjung ke candi ini akan langsung mampir ke Kawah Sikidang. Jarak dari pusat kota Kabupaten Wonosobo sekitar 33 km. Kawah Sikidang masih termasuk dalam kawasan Dataran Tinggi Dieng. Kawasan ini tak hanya memiliki satu kawah namun diantara kawah-kawah yang lain, Kawah Sikidang termasuk yang paling mudah dicapai. Letaknya pun di tanah datar sehingga sangat mudah untuk dinikmati. Kawah ini masih menujukan aktivitas-aktivitas vulkanik sehingga menjadi daya tarik yang cukup memikat. Terbentuk karena letusan gunung berapi raksasa pada beberapa ratus tahun silam membuat kawasan ini begitu apik.

Ada apa di Kawah Sikidang?

Keunikan dari Kawah Sikidang terletak pada lokasinya, jika biasanya kawah terletak di puncak gunung, Kawah Sikidang justru tertelak di tanah datar dengan lumpur yang meletup-letup. Asapnya terlihat berwarna putih pekat nampak mengepul diudara sehingga menambah keeksotisan Kawah Sikidang. Hampir semua tempat di Kawah Sikidang menjadi tempat menarik untuk melakukan aktivitas fotografy. Karena hampir seluruh tanah di sekitar kawasan ini memutih disebabkan oleh kandungan sulfur dan terlihat sangat cantik. Jika tidak dapat menghasilkan gambar yang apik sobat dapat menyewa fotografer yang berada disekitar kawasan ini. Ada juga burung hantu jinak yang sengaja disewakan oleh penduduk sekitar untuk aktivitas yang satu ini. Seperti halnya kawah pada umumnya di kawah ini juga terdapat lubang-lubang dengan air yang mendidih. Lubang atau kolam kecil ini kemuddian banyak dimanfaatkan oleh pengunjung untuk merebus telur.

Harga Tiket Masuk Kawah Sikidang

Harga tiket yang dikenakan sangatlah murah hanya Rp.10.000,- untuk tiga obyek wisata sekaligus. Tiket ini merupakan tiket masuk terusan dari komplek wisata Candi Bima dan candi Arjuna. Kawah Sikidang beroperasi mulai pukul 07.00 hingga 16.00 WIB. Ini tentu sebuah harga yang bias dikatakan sangat merakyat dan sebanding dengan pesona keindahan yang disajikan oleh Kawah Sikidang untuk para pengunjung.

Pesona Kawah Sikidang

Memang aneh agaknya, ada kawah diberi sebutan nama hewan. Yakni Kidang (red : rusa). Tapi rasa aneh itu akan hilang setelah anda liburan Dieng. Sama halnya kawah pada umumnya. Sikidang berupa semburan lumpur dari perut gunung. Yang membedakan, pada saat-saat tertentu kawah ini akan berpindah-pindah. Layaknya Kidang yang melompat-lompat. Disini akan anda rasakan bau belerang yang kuat. Bahkan anda sudah mencium aroma belerang itu sejak jauh sebelum masuk area ini. Disarankan bagi anda yang akan memasuki kawasan ini untuk mengenakan masker. Bisa diperoleh di pintu masuk area wisata kawah Sikidang ini.

Untuk menguji nyali, juga disediakan aneka permainan ekstrim. seperti flying fox, motor trail, kuda dan lain-lain. Eith, tapi nggak gratis ya ! Yang nggak ketinggalan, adalah sejumlah photo board tersedia untuk mengabadikan momen liburan para pengunjung.

(Humam Fauyi)

Terkait
Terbaru
Nutizen

More Similar Posts

Menu