Pentingnya Literasi, PAC IPNU IPPNU Pageruyung adakan Workshop Media dan Jurnalistik

Pelajarnupageruyung – Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama(IPNU) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kecamatan Pageruyung gelar kegiatan Workshop Media dan Jurnalistik dengan mengangkat tema “Mempersiapkan insan pers yang adaptif dan responsif terhadap situasi serta perkembangan teknologi informasi”.

Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 11 Desember 2021. Yang bertempat di gedung MA NU 08 Pageruyung Kendal ini dihadiri oleh 22 peserta dari perwakilan Pimpinan Ranting dan Komisariat se-Kecamatan Pageruyung serta 3 peserta dari Kecamatan Plantungan.

Choirul Muna selaku Ketua PAC IPNU Pageruyung mengungkapkan bahwa kegiatan ini dilaksanakan untuk menunjang pentingnya literasi bagi semua kalangan.

“Kegiatan Workshop media dan jurnalistik tidak hanya untuk yang ahli namun untuk benar-benar mau belajar tentang media dan jurnalistik dan sadar bahwa literasi itu penting,” ujar Ahsin saat sambutan worshop media dan jurnalistik.

“Banyak potensi yang bisa kita gali untuk dituangkan dalam sebuah tulisan baik berupa artikel, essay, opini, dan lain sebagainya sehingga di dunia digital bisa melalang buana dengan karya kita dan bisa menjadi sektor untuk lebih berani meningkatkan kualitas diri,” tambah rekan Muna.

Iqbal Alaik selaku Koor Kominfo PAC IPNU Kec. Pageruyung mengatakan bahwa kegiatan ini diadakan untuk mengembangkan literasi dikalangan pelajar khususnya IPNU-IPPNU sendiri. Lebih luas lagi, kegiatan ini juga menyasar semua kalangan pelajar yang ada di Kecamatan Pageruyung.

“Sebagai seorang pelajar kita dituntut untuk lebih adaptif dan responsif dalam bermedia sosial karena dalam perkembangan teknologi kita jangan hanya menjadi penikmat berita atau media tetapi pelaku atau produksi berita tersebut,” ujar Iqbal Koor Kominfo PAC IPNU Pageruyung.

Pada acara workshop media dan jurnalistik kali ini mengundang 2 narasumber diantaranya Erfan Hafiz Ahmad selaku Pimpinan Redaksi website LPP PCIPNU Batang dan Maulana Izzulhaq Koor Kominfo PC IPNU Kendal.

 

Penyampaian Materi Teknik dasar jurnalistik oleh Erfan Hafiz Ahmad [Doc. Kominfo PAC Pageruyung]

Erfan Hafiz Ahmad sebagai narasumber dalam materi Teknik dasar jurnalistik menjelaskan tentang macam-macam berita, diantaranya straight news dan feature.
“Ada dua jenis berita yaitu straigh news dan feature, saat ini kita akan belajar straight news sebagai awal langkah kalian dalam dunia menulis,” tutur Erfan saat menjelaskan materi.

Selain materi menulis dalam acara kali ini juga turut menghadirkan Maulana Izzulhaq sebagai narasumber dalam materi Basic dasar Corel Draw. Pelatihan dimulai dengan belajar mengenai teknik dasar dan teknik lainnya yang dianggap perlu untuk dikuasai dalam mendesain dengan menggunakan program Corel Draw.

Kegiatan Workshop Media dan Jurnalistik ini diharapkan dapat membantu teman-teman untuk mengasah kemampuan menulis dan desain grafis. Apalagi saat ini kita dituntun untuk selalu kreatif dan inovatif yang salah satunya dengan cara mengembangkan softskill misalnya desain grafis. Mengingat pentingnya kemampuan desain grafis yang dapat menjadi poin lebih dari individu tersebut saat berada dalam dunia kerja. Semoga kegiatan pelatihan ini dapat memberikan manfaat bagi seluruh anggota Pelajar NU Pageruyung yang ingin mengembangkan skill dan potensi dalam hal menulis dan desain grafis, terimakasih kepada panitia dan pihak-pihak yang telah membantu terselenggaranya acara ini.

Penulis:
Kominfo PAC IPNU Pageruyung

Marzuqi Rouf

_si.juki

Leave a Reply

Open chat
Butuh Bantuan?
Haiii.. Selamat datang di Website Resmi PW IPNU Jawa Tengah dan 180 Channel (IPNU Jateng Media Coorporation)

Ada yang bisa Admin bantu?

Info lebih lanjut silahkan klik tombol Open Chat