PAC Kepil Bangun Sinergitas Antar Banom

Wonosobo – Pengurus Pimpinan Anak Cabang IPNU IPPNU Kecamatan Kepil – Wonosobo – Jawa Tengah ikut menghadiri acara Selapanan Rutin PAC Fatayat & Muslimat NU Kepil yang dilaksanakan di Dsn. Kalipelus – Ds. Kapulogo – Kec. Kepil pada Minggu, 14 Mei 2017. Beberapa pengurus PAC sengaja ditugaskan oleh ketua untuk ikut menghadiri sekaligus membantu pengajian tersebut. Sudah menjadi kesepakatan bersama dengan PAC Fatayat & Muslimat Kepil bahwa di setiap pengajian selapanan yang diadakan oleh mereka maka PAC IPNU IPPNU Kepil diundang kehadirannya serta dimintai bantuannya untuk membantu panitia pelaksana. Kesepakatan tersebut sudah berlaku sejak awal kepengurusan PAC IPNU IPPNU Kepil yakni akhir Juni 2016 silam. Kecuali berhalangan, sudah dipastikan pengurus anak cabang ikut hadir dalam pengajian yang dilaksanakan oleh kakak perempuan & ibu organisasi mereka.

Selapanan kali ini dihadiri oleh beberapa elemen antara lain dari PC Fatayat NU Wonosobo, PC Muslimat NU Wonosobo, MWCNU Kepil termasuk Ketua Tanfidziyah Bp. H. Wagiman, S.Pd.i, Anggota DPRD Kabupaten Wonosobo Bp. Achmad Fadlun Sy., Kepala Desa Kapulogo, Satkoryon Banser X 23-E Kepil, PAC IPNU IPPNU Kepil, seluruh Banom NU ranting Kapulogo & seluruh ranting maupun anak ranting Fatayat & Muslimat sekecamatan Kepil. Total peserta yang hadir dalam pengajian tersebut mencapai sekitar 3.000 orang dari berbagai usia. Peserta memenuhi 10 set tratag yang disediakan oleh panitia, gedung MI Ma’arif Kapulogo 1, serta rumah-rumah warga Dusun Kalipelus. Halaman Mushola Al Iman dan sekitarnya berubah menghijau dipenuhi oleh orang-orang berseragam hijau-hijau yang tergabung di Fatayat & Muslimat NU. Arus jalan Sapuran – Magelang sempat macet beberapa saat karena banyaknya mobil yang membawa rombongan peserta maupun motor peserta pengajian yang berhenti di sekitar jalan lokasi pengajian. Namun kondisi tersebut bisa segera dikendalikan oleh Balantas Satkoryon Banser X 23-E Kepil yang menurunkan sekitar 50 orang personilnya.

Dalam mauidhoh hasanah-nya, Ky. Achmad Fadlun Sy. menegaskan pentingnya sinergi antara sesama badan otonom di tubuh NU. “Saya melihat, dan ibu-ibu semua melihat beberapa anak yang begitu antusias membantu mengumpulkan uang amal & membagikan brosur tadi, mereka adalah kader-kader muda NU yang ada di IPNU IPPNU & mereka semua sebagian besar adalah alumni maupun siswa SMK Al-Madani Kepil” ucap anggota DPRD Wonosobo itu. Beliau juga menegaskan agar kita lebih berhati-hati dalam memasukkan putra-putrinya ke suatu sekolah maupun pondok pesantren. Orang NU harus bisa mewaspadai masuknya ajaran maupun faham radikal yang kini sudah marak masuk melalui beberapa sekolah diluar LP Ma’arif NU. “Kita punya banyak sekolah mulai RA Masyithoh Kapulogo, MI Ma’arif Kapulogo, MTs Ma’arif Kepil, SMK Al-Madani Kepil dan masih banyak lagi yang lainnya, kalau punya anak ya masukkan kesitu yang sudah jelas NU-nya, sudah jelas ahlussunnah wal jamaah-nya, banyak pelajaran agamanya & dikelola oleh kader-kader NU” tambahnya.

Pengurus PAC IPNU IPPNU Kepil yang hadir ikut membantu panitia mengumpulkan uang amal & membagikan brosur penerimaan peserta didik baru SMK Al-Madani Kepil. Hasil uang amal yang terkumpul selanjutnya akan dijadikan dana kas PAC Fatayat & Muslimat Kepil, sedangkan pengurus PAC IPNU IPPNU Kepil mendapatkan bagian sebesar 10% dari pendapatan tadi untuk tambahan dana kas. Ratusan ribu selalu didapat pengurus PAC IPNU IPPNU Kepil tiap seusai menghadiri & membantu pengajian selapanan PAC Fatayat & Muslimat Kepil yang dilaksanakan setiap hari Minggu Wage (red: hari pasaran Jawa) tersebut. Hal tersebut sangat membantu karena bisa menjadi pemasukan tetap dana kas PAC IPNU IPPNU Kepil jika rajin menghadiri setiap acara selapanan. Acara pengajian selapanan yang akan datang rencananya ditempatkan di ranting Kaliwuluh.

(Humam Fauyi)

Terkait
Terbaru
Berita Daerah, Nutizen

More Similar Posts

You must be logged in to post a comment.
Menu