Demak, Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlotul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlotul Ulama (IPPNU) Kabupaten Demak Jawa Tengah sudah berada di akhir periode masa kepengurusan, yang selama satu periode ini dipimpin oleh Rekan Agil Nuruzzaman dan Rekanita Anita Eko Widyastuti. Pada hari Sabtu-Ahad 27-28 April 2019 Pimpinan Cabang IPNU-IPPNU Demak telah menyelenggarakan Konferensi Cabang (Konfercab) XXIV dengan mengusung tema “Pelajar NU Demak Menyapa Nusantara”. Kegiatan ini berlangsung di dua tempat yaitu di MI Mazroatul Huda Kecamatan Bonang dan di Gedung Majelis Wakil Cabang (MWC) NU Kecamatan Bonang.

Konferensi Cabang IPNU-IPPNU merupakan forum permusyawaratan tertinggi dalam pimpinan cabang yang diharap mampu menjadi ajang aspirasi dan evaluasi bagi kader kedepannya, dan sebagai upaya regenerasi kader dalam terlaksananya ajaran syariat Islam yang berlandaskan Ahlusunnah Waljamaah dalam membentuk  organisasi yang lebih baik. Konferensi Cabang XXIV bertujuan untuk menyampaikan pertanggungjawaban pelaksanaan program kerja, mengevaluasi program kerja selama satu periode kepengurusan, dan memilih serta menetapkan ketua IPNU-IPPNU Pimpinan Cabang Demak untuk periode selanjutnya.

Peserta yang mengikuti kegiatan Konferensi Cabang ini terdiri atas Peserta Penuh, Peserta Peninjau, dan Tamu Undangan. Peserta penuh Konferensi Cabang terdiri atas utusan dari Pimpinan Anak Cabang, Utusan Pimpinan Ranting, Utusan Pimpinan Komisariat, dan Utusan dari Pimpinan Anak Ranting yang memiliki surat pengesahan yang masih berlaku dan mendapat mandat dari Pimpinan setempat dan jumlah utusan  Pimpinan Anak Cabang, Pimpinan Ranting, Pimpinan Anak Ranting, dan Pimpinan Komisariat masing-masing berjumlah 3 orang. Sedangkan peserta peninjau Konferensi Cabang adalah Utusan Pimpinan Anak Cabang, Pimpinan Ranting, Pimpinan Anak Ranting dan Pimpinan Komisariat yang masa berlaku surat pengesahannya sudah habis dan yang tidak terdaftar dalam registrasi sebagai peserta Konferensi Cabang, dan tamu undangan Konferensi Cabang terdiri dari Pengurus Cabang Nahdlotul Ulama, Pimpinan Cabang Lembaga, Lajnah, dan Badan Otonom di lingkungan Nahdlotul Ulama, Alim Ulama, kalangan Perguruan Tinggi, Stake Holder, Pemerintah, Pembina dan Alumni.

Kegiatan yang berlangsung dari mulai pukul 13.00 – 05.00 WIB berlangsung dengan lancar, ada beberapa serangkaian acara kegiatan yang ikut menyemarakkan seperti Seminar Kebangsaan yang diisi oleh Kesbangpol kemudian kegiatatan Sholawat Bersama Pelajar NU Demak yang mendatangkan Ustadz Mansur dari Semarang dan dimeriahkan oleh grup rebana Ahbabul Mustofa dari Karangtengah. Setelah itu dilanjut dengan Sidang Pleno I mengenai Pleno Tata Tertib, Pleno II mengenai pleno laporan pertanggungjawaban,dan selanjutnya pembahasan Sidang Komisi, dan Pleno III membahas mengenai pengesahan Hasil Komisi. Dan puncak kegiatan Konfercab XXIV yaitu sidang pemilihan Ketua IPNU-IPPNU Masa Bakti 2019-2021. Dalam pemilihan Ketua Pimpinan Cabang IPNU-IPPNU dilakukan melalui 2 tahap yaitu tahap pencalonan dan tahap pemilihan. Hasilnya, terpilih Rekan Asroru Maula sebagai Ketua Pimpinan Cabang IPNU Demak dan Rekanita Siti Sumiati Nur menjadi Ketua Pimpinan Cabang IPPNU Demak Masa Khidmat 2019-2021 semoga dengan terpilihnya Ketua baru bisa menahkodai Pimpinan Cabang IPNU-IPPNU Demak jadi lebik lagi.

(Anifa)

adminipnujat

adminipnujat

Leave a Reply