Meriahnya Makesta IPNU – IPPNU Jatiyoso

Sabtu-Ahad (22-23/04) PAC IPNU IPPNU Jatiyoso sukses menyelenggarakan Makesta dengan diikuti 100 kader baru peserta Makesta. Kegiatan tersebut merupakan pertama yang diselenggarakan oleh PAC Jatiyoso yang bertempat di Wates, Karangsari, Jatiyoso. Seluruh Banom NU Kecamatan Jatiyoso pun turut mendukung sepenuhnya pengkaderan . Masa Kesetiaan Anggota atau sering disebut dengan MAKESTA adalah langkah awal pengkaderan IPNU IPPNU.

Memperkenalkan IPNU IPPNU adalah salah satu tujuan diadakannya makesta ini, seperti yang diungkapkan Ketua PC IPNU IPPNU Karanganyar, “Makesta ini adalah langkah paling awal untuk kader IPNU IPNU mengenal apa itu IPNU dan IPPNU”. Selain itu untuk menambah jaringan IPNU IPPNU di seluruh ranting di Kecamatan Jatiyoso juga merupakan tujuan dari diadakannya makesta tersebut. Makesta dibuka pada hari sabtu oleh perwakilan MWC NU Jatiyoso. Tak lupa pada kesempatan ini PAC mengundang PC IPNU IPPNU Karanganyar dan juga Tim Fasilitator Daerah Istimewa Surakarta. Antusiasme tinggi peserta terhadap materi yang disampaikan  oleh tim Fasilitator ataupun MWC perlu diapresiasi dengan baik, terbukti dengan semangat para pesrta saat materi berlangsung.

Dengan makesta ini para kader lebih mengenal apa itu IPNU-IPPNU dan juga tentang NU sendiri. Selain itu juga belajar megnenai keorganisasian, kepemimpinan dan juga aswaja. Harapannya 100 Kader baru ini dapat menjadi kader NU yang militan, terampil dan cerdas. Dalam pengkaderan ini para peserta dinyatakan sah menjadi anggota IPNU IPPNU lewat prosesi Baiat oleh ketua PC IPNU Karanganyar. Hari kedua makesta dilanjutkan dengan acara outbond oleh Panitia lokal dan 100 kader serta tim fasilitator. Berbagai permainan yang mengajarkan tentang keorganisasian menambah kekompakan para peserta dalam bekerjasama.

Ahad, 23 April 2017 sebelum makesta ditutup para peserta diajak untuk merancang Rencana Tindak Lanjut (RTL) yang dipimpin oleh ketua  PAC Jatiyoso. RTL diadakan dengan tujuan untuk mensolidkan kader pasca Makesta. Ada banyak RTL yang telah disepakati yakni, pertama memilih koordinator alumni Makesta baik itu dari IPNU dan IPPNU, kedua mengadakan rapat rutin, dan ketiga setiap kader mencari 3 teman baru untuk diajak bergabung. Uniknya lagi makesta ini diakhiri dengan pemotongan tumpeng nasi kuning serta lauk pauk khas jatiyoso oleh MWC dan makan bersama menambah rasa kekeluargaan pada akhir acara Makesta tersebut. Dengan adanya Makesta perdana ini diharapkan dapat menghijaukan Kecamatan Jatiyoso dengan kader IPNU IPPNU dan menjadi awal yang baik dalam pengkaderan di Jatiyoso. Seperti yang disampaikan oleh rekan Pardyanto, “Sangat bangga dengan pemuda Jatiyoso ternyata banyak orang-orang NU, semoga ini bisa menjadi awal yang baik dalam pengkaderan perdana di Jatiyoso ini” .

Terkait
Terbaru
Berita

More Similar Posts

You must be logged in to post a comment.
Menu