Mengenal Rest Area 260B, Bekas Pabrik Gula Tempat Pelepasan Peserta Kongres

Area 260B Banjaratma akan dijadikan tempat pelepasan peserta kongres pada kamis (11/8) mendatang.

 

Rest area ini merupakan rest area terbesar yang ada di pulau Jawa, berada di KM 260 rest area ini terletak di sisi kiri jalan tol arah Semarang-Jakarta.

 

Selain menjadi yang terbesar, tempat persinggahan ini juga dulunya adalah bekas pabrik gula zaman kolonial Hindia Belanda.

 

Pihak pengelola telah menyulap gedung tua ini menjadi tempat singgah yang megah dan nyaman untuk para pengemudi yang melintas di kawasan ini.

 

Didalam gedung utama, terdapat pasar yang yang menyediakan banyak barang jualan baik itu makanan, sampai oleh-oleh khas Tegal-Brebes.

 

Direncanakan, para peserta Kongres Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama ke XX yang merupakan delegasi dari 35 Pimpinan Cabang (PC) IPNU di Jawa Tengah.

 

Nantinya peserta yang akan menuju lokasi kegiatan Kongres IPNU ke XX yang akan diselenggarakan di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, akan dilepaskan langsung oleh Rois Syuriah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama, KH. Subhan Ma’mun.

 

Pelepasan simbolis tersebut akan ditempatkan di halaman parkir rest area dan bersandingan dengan Masjid As-Safar Banjaratma yang tidak kalah uniknya.

 

Tidak seperti masjid pada umumnya yang memiliki kubah dan menara sebagai ciri khasnya. Di sini kita tak menemukan hal seperti ini.

 

Masjid ini berbentuk huruf X dengan batu bata yang tersusun secara rapi tanpa material perekat yang menutup rongga antar bata merah. Hal ini membuat rongga-rongga persegi yang mempercantik tampilan masjid dari luar. (Hafid/Wwn)

adminipnujat

adminipnujat

Leave a Reply