Komunitas STUC General Wonosobo Latih Pelajar Pandai Berliterasi

Wonosobo – Dalam rangka meningkatkan bakat dan minat pelajar, dilaksanakan Pelatihan Jurnalistik di gedung SMP Darul Falach Desa Maron, Kecamatan Garung, Kabupaten Wonosobo. Acara yang diadakan oleh komunitas STUC General yang notabennya adalah anak IPNU IPPNU Kabupaten Wonosobo ini berlangsung pada Sabtu – Minggu (12-13/8). Adapun  peserta yang ikut dalam kegiatan ini sebanyak 27 peserta yang berasal dari berbagai daerah di Kabupaten Wonosobo dan sekitarnya. Pemateri pelatihan yaitu Jusuf A. N., seorang penulisan cerpen dan novelis, Agus Supriyadi dari wartawan koran lokal Wonosobo Express, dan Sumali Ibnu Chamid dari wartawan koran Jawa Pos.

Hari pertama diisi oleh Jusuf AN dan Agus Supriyadi. Pada hari pertama ini, antusias para peserta cukup tinggi. Setelah pemateri selesai menyampaikan isi materi, para peserta diberi waktu untuk sesi tanya jawab. Peserta tidak mau menyia-nyiakan waktu yang diberikan. Tidak perlu menunggu waktu cukup lama, beberapa peserta langsung melontarkan beberapa pertanyaan kepada pemateri.

Peserta dan panitia membuka kegiatan pada hari kedua dengan rekreasi ke tempat wisata Telaga Menjer. Kebetulan tempat pelatihan jurnalistik ini letaknya cukup dekat dengan objek wisata Telaga Menjer dan objek wisata lainnya. Maksud diadakannya rekreasi ini supaya para peserta dapat mengenal lingkungan sekitarnya. Peserta juga diharapkan tidak terlalu tertekan pikirannya untuk mengikuti kegiatan selanjutnya.

Setelah itu, para peserta melakukan Praktek Kerja Lapangan (PKL). Kegiatan ini dilaksanakan untuk mengetahui seberapa besar peserta berhasil menangkap materi yang telah disampaikan pemateri pada hari sebelumnya. Selain itu juga bertujuan untuk melatih keberanian para peserta ketika berhadapan langsung dengan masyarakat. Teknis kegiatan ini yaitu para peserta dibentuk kelompok dan setiap kelompok diberi tema yang berbeda-beda yang telah ditentukan oleh panitia. Mereka harus mengupas atau mencari informasi secara detail sesuai tema yang didapat sehingga para peserta akan langsung berhadapan dengan masyarakat di sekitar untuk menggali informasi dan kemudian menyajikannya dalam bentuk berita.

Setelah PKL selesai, para peserta diberikan waktu untuk ishoma dan kemudian dilanjutkan materi yang diisi oleh Sumali Ibnu Chamid. Materi kali ini tidak beda jauh dengan kegiatan materi sebelumnya. Pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan peserta semakin menghidupkan suasana di ruang materi. Hal ini membuktikan minat peserta dalam kegiatan Latihan Jurnalistik kali ini sangatlah tinggi. Setelah materi terakhir ini selesai, diadakan sesi foto bersama antara peserta,panitia dan pemateri.

Ulul Ilmi/HF

Ketua PK IPNU SMK N 1 Kepil, Wonosobo

Terkait
Terbaru
Berita Daerah, Nutizen

More Similar Posts

You must be logged in to post a comment.
Menu