Kepala Kemenag Banyumas Resmikan PPAI Cilongok

BANYUMAS-Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Banyumas meresmikan gedung kantor Pengawas Pendidikan Agama Islam (PPAI) Kecamatan Cilongok. Acara tersebut dibalut dengan halal bihalal dan dilaksanakan di halaman gedung kantor PPAI Kecamatan Cilongok di desa Pernasidi Kecamtan Cilongok Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Kamis (13/7/2017).

Acara tersebut dihadiri oleh ratusan pendidik dan tenaga kependidikan Madrasah Ibtidaiyah (MI) se Kecamatan Cilongok. Selain itu hadir pula Kasi Pendidikan Madrasah Kemenag Kabupaten Banyumas, Kasi PK Pondok Pesantren Kabupaten Banyumas, Pokjawas Kabupaten Banyumas, dan Ketua BKM Kabupaten Banyumas. Turut hadir Forkompincam Kecamatan Cilongok, Ketua KUA Kecamatan Cilongok, Ketua UPK Cilongok, Ketua PGRI Kecamatan Cilongok, PPAI Kecamatan Cilongok, MWC NU Kecamatan Cilongok, MWC Ma’arif Kecamatan Cilongok, dan KKM-MI Kecamatan Cilongok. Serta dihadiri oleh Perangkat desa Pernasidi dan Ta’mir masjid setempat.

Mughni Labib selaku ketua Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Banyumas menceritakan gagasan pertama munculnya halal bihalal. Yaitu saat Wahab Hasbulloh dipanggil oleh presiden Soekarno, beliau menginginkan pertemuannya dinamakan halal bihalal. Selain itu dia juga mengajak agar berperilaku baik, berkarakter seimbang, adil, dan toleransi.

“Sebagai manusia tidak luput dari sejarah. Sejarah halal bihalal berawal saat Wahab Hasbulloh mendapat panggilan dari presiden Republik Indonesia, Soekarno. Akan tetapi dalam pertemuan tersebut beliau menamakannya dengan sebutan halal bihalal. Sampai sekarang halal bihalal masih tetap terus dilakukan. Kami juga mengajak agar berperilaku yang baik dan tidak menjadi radikal. Selain itu kami  juga mengajak agar mempunyai karakter yang seimbang, adil, dan mempunyai toleransi atau ukhuwah,” katanya dalam sambutan.

“Ada tiga karakter pendidikan yang mampu merubah karakter anak. Yaitu pendidikan orangtua, sekolah/madrasah, dan lingkungan.” Sambungnya.

“Kami mengucakan banyak terimakasih kepada semua yang telah hadir. Terimakasih juga terhadap panitia yang telah mensukseskan acara. Alhamdulillah, acara halal bihalal dan peresmian gedung PPAI Kecamatan Cilongok telah dapat dilaksanakan. Semoga gedung PPAI Kecamatan Cilongok dapat bermanfaat dan dapat dipergunakan sebagaimana mestinya,” ungkap Mustolih selaku ketua panitia.

Terkait
Terbaru

More Similar Posts

You must be logged in to post a comment.
Menu