Kenalkan IPNU-IPPNU Sejak Dini, Ranting Karangjompo Pekalongan Adakan Binari

Pekalongan – Pimpinan Ranting (PR) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Desa Karangjompo Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan sukses menggelar BINARI (Binaan Sehari). Sesuai dengan namanya, kegiatan ini berlangsung hanya satu hari pada Ahad (27/12/20) di Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah Karangjompo.

Ketua Panitia Binari, Rekan Miftakhul Khakim mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan jenjang pra-pengkaderan yang pesertanya adalah siswa-siswi kelas 6 MI dan SD yang ada di desa Karangjompo, dengan tujuan memperkenalkan organisasi IPNU-IPPNU sejak dini.

“Binari ini merupakan kegiatan pra-pengkaderan yang diikuti oleh murid-murid kelas 6 MI dan SD yang bertujuan untuk mengenalkan organisasi IPNU dan IPPNU”, Ucap Khakim.

Kegiatan Binari pada tahun ini mengambil tema “Pelajar NU Pelajar HEBAT (Humble. Educatif, Berakhlak, Aktif, Terampil)”. Peserta dalam kegiatan ini berjumlah 25 dengan rincian 10 IPNU dan 15 IPPNU.

Ketua NU Desa Karangjompo, Kyai Syamsul Ulum, S.Ag dalam sambutannya pada acara pembukaan mengatakan bahwa kegiatan Binari ini sangat penting sebagai regenerasi kader NU yang akan datang.

Ada tiga materi yang disampaikan pada kegiatan ini, antara lain materi Aswaja, Ke-Indonesia-an dan Ke-IPNU-IPPNU-an. Selain materi, kegiatan ini juga terdapat Outbond dengan tujuan peserta agar happy dan tidak jenuh di dalam ruangan.

“Kegiatan semacam ini sangat penting untuk mencetak kader-kader NU masa depan. Masa depan Nahdlatul Ulama ada di tangan kalian semua” Ucap Kyai Syamsul Ulum.

Sementara itu, ketua PAC IPNU Tirto, Rekan Ali Yafie menyampaikan bahwa meskipun di masa pandemi kegiatan kaderisasi harus tetap berjalan karena IPNU dan IPPNU merupakan organisasi tingkat bawah dalam Badan Otonom NU.

“Meskipun dalam masa pandemi tak menyurutkan kita untuk mengadakan kegiatan kaderisasi. IPNU dan IPPNU yang merupakan tingkatan paling bawah harus konsisten dalam melaksanakan kegiatan kaderisasi semacam ini dengan selalu memperhatikan perkembangan zaman”. Ucap Ali Yafie.

Yafie, sapaan akrabnya juga berpesan agar peserta Binari ini untuk selanjutnya dapat meneruskan ke jenjang pengkaderan selanjutnya yakni Makesta (Masa Kesetiaan Anggota).

“Harapan saya para peserta Binari ini nantinya dapat mengikuti Makesta yang merupakan jenjang pengkaderan formal pertama di IPNU dan IPPNU”. 

Ketua PR IPNU Karangjompo, Rekan Adib Nabila mempunyai harapan besar terhadap peserta Binari kali ini.

“Harapan kami selaku pimpinan ranting dengan adanya kegiatan binari akan muncul kader ipnu-ippnu yang baru dan berkualitas, serta untuk memperkenalkan lebih dalam tentang organisasi ipnu-ippnu dan memberi pengetahuan kepada siswa dan siswi tentang arti, makna, tugas, fungsi dari organisasi ipnu ippnu sehingga kita dapat merekrut anggota baru yang baik dalam kuantitas maupun kualitas” Ucap Rekan Adib.

Salah satu peserta, M. Arzad mengaku senang bisa mengikuti kegiatan ini. Sebab, dirinya mendapat pengetahuan baru dan menambah teman baru.

 “Sangat senang mengikuti kegiatan ini. Saya jadi punya wawasan baru dan tentunya menambah teman baru” Ucap Arzad.

Kegiatan Binari ditutup dengan penyerahan hadiah kepada peserta terbaik. Peserta terbaik IPNU diraih oleh Muhammad Yusuf dan peserta terbaik IPPNU diraih oleh Naura. (Anwar/Admin)

adminipnujat

adminipnujat

Leave a Reply

Open chat
Butuh Bantuan?
Haiii.. Selamat datang di Website Resmi PW IPNU Jawa Tengah dan 180 Channel (IPNU Jateng Media Coorporation)

Ada yang bisa Admin bantu?

Info lebih lanjut silahkan klik tombol Open Chat