Kader IPNU IPPNU Harus Cakap Literasi Bermedia

Tegal-Pimpinan Ranting IPNU IPPNU Desa Pasangan, Kecamatan Talang, Kabupaten Tegal adakan Sekolah Jurnalis Muda yang bertempat di Rumah Baca Ar-Rosyad Desa Pasangan.
Tujuan kegiatan ini yakni untuk meningkatkan kecakapan literasi bermedia bagi kader IPNU IPPNU khususnya dan masyarakat pada umumnya.
Sekolah Jurnalis Muda mendatangkan narasumber bernama Wihdi Luthi Ani, S.Sos., salah satu kontibutor portal berita Good News From Indonesia (GNFI).
Ketua Pimpinan Ranting IPNU IPPNU Desa Pasangan M. Affan Afghani mengatakan pihaknya bersama pengurus terus mendorong kader IPNU IPPNU agar menjadi berfikir kritis dan berwawasan luas serta meningkatkan kecakapan dalam literasi bermedia.
“Kegiatan ini menjadi wadah yang tepat bagi kader IPNU IPPNU untuk menggali dan mengasah ilmu tentang jurnalistik dari narasumber yang ahli di bidangnya sehingga wawasan anggota semakin luas,” ungkapnya.
Ia berharap setelah peserta mengikuti kegiatan Sekolah Jurnalis Muda bisa menghasilkan karya berupa tulisan baik artikel maupun berita.
Sekolah Jurnalis Muda diawali dengan pengenalan mengenai jurnalistik. Tujuannya untuk membuka mindset peserta soal jurnalistik. Setelah mindset peserta terbangun maka tahap berikutnya adalah proses menuangkan ide menjadi tulisan. Hal ini untuk mengukur seberapa kemampuan peserta dalam memproduksi tulisan. Setelah peserta selesai menulis, kemudian mereka mempresentasikan hasil tulisannya agar dievaluasi oleh narasumber.
Sementara itu, Akhmad Khasbulloh ketua panitia kegiatan Sekolah Jurnalis Muda menjelaskan, output dari kegiatan ini adalah tulisan yang nantinya akan dikirim ke media baik online maupun offline.
“Setelah kegiatan hari ini berlangsung akan dilanjutkan dengan bimbingan penulisan secara terjadwal didampingi oleh fasilitator yang sudah kami siapkan,” ungkapnya.
Dengan begitu, kata dia kegiatan ini tidak sebatas seremonial belaka, akan tetapi betul-betul menghasilkan output berupa karya.
“Saat bimbingan nanti para peserta akan dimentori dan dievaluasi langsung oleh narasumber yang sudah kami siapakan, mereka akan dibimbing secara terjadwal baik melalui daring maupun luring,” pungkasnya.

Penulis: Imam Bukhori

Marzuqi Rouf

_si.juki

Leave a Reply

Open chat
Butuh Bantuan?
Haiii.. Selamat datang di Website Resmi PW IPNU Jawa Tengah dan 180 Channel (IPNU Jateng Media Coorporation)

Ada yang bisa Admin bantu?

Info lebih lanjut silahkan klik tombol Open Chat