IPNU IPPNU Beraksi diawal Tahun Pelajaran

Medini– MA Nurul Huda Medini memulai tahun ajaran baru pada tanggal 17 Juli 2017 dengan Upacara dan halal bihalal bersama siswa MTs dan MA. Awal tahun pelajaran adalah momen yang ditunggu-tunggu siswa baru untuk belajar dan mengenal madrasah dimana mereka akan menuntut ilmu.(Senin, 17 Juli 2017)

Upacara dimulai jam 07.00 oleh petugas upacara dan panitia MATSAMA (Masa Ta’aruf Siswa Madrasah). Petugas upacara maupun panitia MATSAMA adalah semua pengurus Pimpinan Komisariat IPNU IPPNU MA Nurul Huda Medini. Upacara di tutup dengan pelepasan balon kemudian dilanjut dengan halal bihalal dengan bersalaman antara siswa dan guru.

MATSAMA adalah istilah baru di Madrasah di bawah naungan Kementrian Agama berdasarkan keputusan Direktur Jendral Pendidikan Islam tahun 2016 tentang Pedomaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) NO. 962 TH 2016 pada Bab VI Pasal 26 yang isinya mewajibkan pelaksanaan MATSAMA di setiap jenjang pendidikan. Materi dalam MATSAMA sudah ada dalam buku panduan dari Kementrian Agama, tapi jadwal tetap ditentukan madrasah, dalam jadwal terdapat waktu khusus untuk pengenalan IPNU IPPNU.

Mulai pukul 11.00 – 11.30 dihari Pertama di isi dengan materi pengenalan tentang IPNU IPPNU, di hari ke dua pengenalan lagu NU dan IPNU IPPNU serta di praktekan bersama-sama, kemudian hari terakhir di lagu-lagu IPNU IPPNU dan Subhanul Wathon di praktikkan bersama kelompok masing-masing.

MATSAMA di MA Nurul Huda memiliki perbedaan dengan MA lain, mengapa? Karena di MA Nurul Huda MATSAMA panitianya dan yang menghendel semua kegiatan adalah IPNU IPPNU sehingga disetiap awal kegiatan dan disela-sela kegiatan selalu di isi dan diperkenalkan tetang IPNU IPPNU. Peran IPNU IPPNU di MA Nurul Huda sangatlah besar sampai-sampai semua kegiatan kesiswaan sebagian besar dihendel oleh IPNU IPPNU. Program PC IPNU IPPNU Kabupaten Demak tentang sosialisasi IPNU IPPNU saat MATSAMA itu lebih dulu diterapakan oleh IPNU IPPNU MA Nurul Huda, sehingga program PC IPNU IPPNU dilaksanakan di MA Nurul Huda maupun tidak, peserta sudah mengenal IPNU IPPNU walaupun tidak detail.

MATSAMA di MA Nurul Huda siswanya tidak lah sebanyak Sekolah/MA yang sudah besar yang siswanya sangat banyak. Sekalipun siswa sedikit tidak menurunkan semangat siswa maupun panitia MATSAMA.

MATSAMA dihari pertama ditutup dengan menyanyikan MARS IPNU IPPNU, SUBHANUL WATHON, MARS MADRASAH dan HYMNE MADRASAH yang di pandu panitia dan semua pengurus Pimpinan Komisariat IPNU IPPNU MA Nurul Huda Medini. (MCA)

 

Terkait
Terbaru
Berita Daerah, Nutizen

More Similar Posts

You must be logged in to post a comment.
Menu