Inilah 6 Tips Masuk Perguruan Tinggi Negeri Tahun 2017

Tips masuk perguruan tinggi negeri tahun 2017 menjadi sajian menarik yang wajib  dibaca bagi pelajar yang berniat melanjutkan pendidikan tinggi. Menempuh pendidikan di Perguruan Tinggi Negeri Favorit mungkin menjadi impian banyak orang, namun bukanlah hal yang mudah, memerlukan jalan yang panjang dengan berbagai macam rintangan. Untuk itu sangat perlu dipersiapkan berbagai hal agar impian tersebut dapat terwujud menjadi sebuah kenyataan. Beberapa hal berikut wajib dipersiapkan oleh para pelajar agar dapat masuk perguruan tinggi negeri :

1. Kurangi Main, Perbanyak Belajar

Selepas Ujian Nasional banyak pelajar yang memanfaatkan untuk bermain, mencari hiburan, jalan-jalan dan lain sebagainya. Karena anggapan mereka telah selesai melewati ujian sekolah, sehingga lupa akan ujian yang lebih menantang didepan mata, yaitu seleksi masuk perguruan tinggi. Akhir cerita bukanlah setelah selesai menempuh Ujian Nasional, namun setelah diterima di Perguruan Tinggi impian kita, oleh sebab itu gunakanlah waktu setelah UN untuk menyiapkan diri mengikuti seleksi masuk perguruan tinggi.

2. Pelajari Tipe Soal Seleksi

Banyak yang memiliki anggapan bahwa soal seleksi masuk perguruan tinggi memiliki kesukaran yang lebih tinggi dibandingkan soal-soal ujian sekolah bahkan ujian nasional. Tentu hal tersebut menjadi tantangan tersendiri bagi pelajar yang ingin masuk ke perguruan tinggi. Oleh karena itu, sangat perlu untuk memahami tipe soal seleksi dengan cara melihat soal-soal tahun sebelumnya. Biasanya, soal yang dikeluarkan tidak jauh bedanya. Agar lebih efesien, cara belajar kita dengan menyelesaikan soal-soal yang ada.

3. Konsisten dalam Belajar

Dalam belajar sangat diperlukan konsistensi, karena jika tidak seperti itu maka target belajar tidak akan tercapai. Tentukan berapa jam kalian bisa belajar setiap harinya. Masing-masing dari kalian bisa tentukan sendiri. Berapapun banyaknya jam untuk belajar, yang terpenting adalah konsisten dan disiplin. Belajar 2 – 3 jam per hari namun konsisten setiap hari, jauh lebih baik daripada belajar 15 jam tapi cuman sehari dua hari saja.

4. Terapkan Skala Prioritas dalam Menjawab Soal

Penilaian dalam seleksi masuk perguruan tinggi sangat berbeda dengan ujian yang kita temukan di sekolah. Penilaian hasil ujian masuk PTN lazimnya menggunakan ketentuan: jika benar, point-nya +4, jika salah, pointnya -1 dan 0 point jika tidak menjawab. Dengan sistem penilaian seperti itu, kerjakanlah materi ujian yang paling dikuasai, kemudian materi ujian yang tingkat penguasaannya di bawahnya dan seterusnya. Sedangkan materi ujian yang tidak bisa, tidak usah dikerjakan.

5. Siapkan Mental

Kesiapan mental diri kita untuk mengikuti ujian sangat penting terutama ketika hari-H ujian. Banyak sekali yang gagal dalam seleksi masuk perguruan tinggi karena ia tidak kuat mental dalam menghadapi soal. Baru mengerjakan satu soal susah saja, langsung stress saat tes. Kalau stress saat tes itu sangat rentan membuyarkan konsentrasi kita. Jangan sampai hal tersebut membuat gagal impian kita dalam untuk kuliah ke perguruan tinggi negeri.

6. Pasrahkan Semuanya kepada yang Maha Kuasa

Jika ikhtiar kita telah maksimal, maka yang terakhir adalah dengan memasrahkan segala sesuatu kepada Tuhan yang Maha Kuasa. Allah pasti membantu hamba-Nya yang sering meminta pertolongan kepadanya. Maka dekatkanlah diri anda kepada Allah. Mungkin anda tidak percaya apakah kemampuan anda cukup mampu meraih target anda itu. Namun jangan pernah ragu pada Allah, karena menjadikan anda masuk ke perguruan tinggi idaman anda adalah hal yang amat sangat kecil bagi Allah yang Maha Kuasa. Maka berdoalah!

Demikian adalah tips masuk perguruan tinggi, semoga dapat memberikan pencerahan dan jalan kalian semua, meraih mimpi-mimpi indah di Perguruan Tinggi, terimakasih.

Terkait
Terbaru
Nutizen

More Similar Posts

You must be logged in to post a comment.
Menu