Ingin Makalahmu Diterima Dosen? Ikuti 5 Tips Ini

Dalam dunia akademisi kampus, makalah sering kita dengar. Karya tulis ini sering dijadikan salah satu penugasan oleh dosen terhadap mahasiswa, dan menjadi bentuk penilaian efektif atas penambahan wacana. Akan tetapi, masih banyak mahasiswa yang tidak mengerti dan kesulitan membuat makalah. Standarisasi tiap dosen tentang penilaian makalah ini juga beragam. Sebenarnya, ada 5 tips yang bisa membantu agar makalah yang dibuat mahasiswa menjadi mudah diterima oleh dosen, yaitu :

  1. Sistematis

Setiap dosen memiliki sistem penulisan yang berbeda. Agar makalah yang dibuat mahasiswa menjadi mudah dan sesuai dengan keinginan dosen, hal pertama adalah tanyakan sistem penulisan makalah seperti apa yang diinginkan. Meskipun beberapa dosen akan sedikit meragukan keahlian kita, akan tetapi pertanyaan ini berfungsi agar makalah sesuai dengan keinginannya.

  1. Perbanyak referensi

Makalah yang baik tentunya memiliki banyak sumber referensi. Hal ini menunjukkan bahwa kita tidak hanya membuat, tetapi juga mempelajari makalah tersebut. Semakin banyak referensi yang kita ambil, tentunya akan meningkatkan pengetahuan dan nilai dalam makalah tersebut. Tetapi yang perlu diingat, bahwa plagiasi tidak boleh dilakukan. Pengambilan ini tentunya dengan pemahaman kita, dan diubah sesuai kebutuhan.

  1. Verifikasi ulang

Jangan lupakan hal yang satu ini, yaitu verifikasi. Peninjauan kembali terhadap hasil referensi maupun penulisan harus dilakukan agar makalah tidak terkesan asal jadi. Sumber yang kita cantumkan dan penulisan harus dikoreksi ulang. Hal ini bertujuan agar makalah menjadi rapi dan sistematis.

  1. Tepat sasaran

Poin tepat sasaran dimaksudkan bahwa makalah yang dibuat sesuai dengan tema yang diinginkan. Kadang kala kesalahan yang terjadi adalah isi makalah yang melebar dari tema. Tentunya makalah yang diinginkan dosen, adalah yang sesuai dengan tema tersebut.

  1. Meningkatkan bacaan

Hal terpenting bagi mahasiswa, sama dengan memperbanyak referensi, yaitu meningkatkan bacaan. Sumber pemikiran berasal dari apa yang kita baca. Semakin banyak bacaan yang dibaca, tentunya akan meningkatkan performa dari otak manusia.

Itulah 5 tips yang bisa dicoba agar makalah dapat diterima oleh dosen. Silahkan dicoba.

(RH/IP.Art)

Terkait
Terbaru
Artikel

More Similar Posts

You must be logged in to post a comment.
Menu