Gelar TOT, PC IPNU-IPPNU Brebes Ingin Mengoptimalisasi Kaderisasi Ditingkat Sekolah dan Pesantren

Brebes, ipnujateng.or.id

Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kabupaten Brebes menggelar Training Of Trainer (TOT). Kegiatan yang berlangsung secara daring melalui Aplikasi Zoom ini digelar Jum’at malam (8/07/2022).

 

Dengan mengusung ikhtiar bahwa acara Trainer of training / Bimbingan Teknis secara Daring PC IPNU-IPPNU mengajak rekan/rekanita yang berjumlah sekitar 50 peserta yang mengikuti kegiatan ini. Dengan perwakilan masing-masing Pimpinan Anak Cabang IPNU-IPPNU kecamatan Se-kabupaten Brebes untuk menwakili ikut TOT ini.

 

Disye M. Milati, S.Sos. Ketua PC IPPNU Kabupaten Brebes menjelaskan, bahwa kegiatan tersebut dipelopori oleh Departemen Wk. Jaringan Sekolah dan Pondok Pesantren Dengan tujuan yaitu untuk mendidik kader agar dapat mengawal kegiatan pengkaderan.

“Sehingga pada akhirnya dengan mengikuti program bimbingan teknis ini, proses kaderisasi yang dilangsungkan nantinya bisa sesuai dengan yang telah ditetapkan oleh Pimpinan Pusat IPNU IPPNU,” ujarnya.

 

Lanjut Disye berharap, nantinya ada tindak lanjut dari kegiatan ini. Karena menurutnya, kegiatan atau program apapun jika tidak ditindaklanjuti atau dikawal secara maksimal tidak akan menghasilkan sebuah aksi nyata terhadap perkembangan pengkaderan di lingkungan sekolah baik negeri maupun swasta.

 

Toto Andria selaku Departemen Jaringan Sekolah dan Pesantren PC. IPNU Kabupaten Brebes menambahkan dengan diadakannya TOT ini sebagai bentuk pengenalan kepada siswa-siswi yang baru masuk di jenjang sekolah menengah pertama atau masing-masing sekolah yang sudah ada pimpinan komisariatnya . Ucap Toto.

Para peserta perwakilan PAC IPNU-IPPNU kecamatan Se-kabupaten Brebes nantinya bisa menyampaikan materi terkait beberapa penjelasan sejarah berdiri dan sepakterjangnya IPNU-IPPNU sehingga nantinya calon rekan-rekanita yang berada di bangku sekolah maupun pesantren sehingga menjadi tertarik untuk bergabung bersama-sama di Organisasi IPNU-IPPNU. Tegas Toto.

 

Acara ini diisi oleh narasumber, Bapak Muhammad Andi Hakim, S.Pd. Direktur GISAF (Gubuk Ilmu Sahabat Fikri), Jatirokeh Brebes menyampaikan apresiasi cukup tinggi dan mendukung penuh atas terselenggaranya kegiatan ini.

“Saya berharap kegiatan TOT tidak hanya dilaksanakan kali ini saja, namun dapat berkelanjutan hingga dapat menghasikan beberapa angkatan yang nantinya akan meneruskan perjuangan di IPNU-IPPNU,”harap Andi Hakim.

Lanjut, Andi Hakim memaparkan materi mengenai public speaking dan beberapa tips serta trik agar dalam penyampaian materi seorang trainer tidaklah gerogi, cemas sehingga nantinya dapat menjelaskan materi dengan lancar.’’

 

 

Penulis : A’ISY HANIF FIRDAUS

Editor : Sijuki

Marzuqi Rouf

_si.juki

Leave a Reply