Berita DaerahNutizen

400 Lebih Kader Baru IPNU IPPNU Tercetak di Hari Santri Nasional 2017

sumber gambar: beritagara.id
88views

Lebih dari 400 kader baru IPNU IPPNU Tercetak di Hari Santri Nasional 2017.
Pimpinan Anak Cabang Kemranjen Kab. Banyumas gelar pengkaderan awal memasuki IPNU IPPNU. Bertempat di MI, Madin dan masjid Asyafingiyah desa Kecila. Selama 2 hari (21-22/10/17) kader dari 15 ranting di Kec. Kemranjen mengikuti Makesta. Tidak hanya dari Kemranjen saja. Rupanya Makesta Raya ini di minati juga oleh Kecamatan tetangga. Sedikitnya ada 20 peserta dari Kecamatan Banyumas.
Maulana Ishak dalam sambutan pembukaan Makesta menyampaikan bahwa Makesta Raya ini terselenggara berkat bantuan dari Banum NU lainnya. Ketua Panitia ini juga menyampaikan harapannya. “Semoga acara ini mendapat berkah dan barokah untuk ranting Kecila khususnya dan Banom NU se-Banyumas pada umumnya, Makesta Raya ini terselenggara berkat bantuan dari Banom NU yang lain”. Ia juga menghimbau kepada seluruh peserta dan panitia untuk selalu menjaga kebersihan dan kesopan selama acara ini maupun setelah acara selesai. “Jangan lupa untuk menjaga kesopanan dan kebersihan, karena acara ini berada di lingkungan masjid. Setelah selesai acara ini, kami harapkan seluruh peserta selalu menjaga kebersihan dan kesopanan karena hasil dari acara ini akan dilihat langsung oleh masyarakat”. Tambahnya.
Rofingun selaku ketua PC IPNU Kab. Banyumas terpilih juga menyampaikan pesan untuk seluruh peserta agar serius dalam mengikuti Makesta sehingga menjadi kader yang luar biasa.
Hadir dalam acara pembukaan tersebut yaitu Ketua MWC NU Kemranjen dan perwakilan dari Ansor. KH. Dibyan dalam sambutannya menyampaikan. “Makesta Raya ini tidak hanya sebagai gerbang menjadi IPNU dan IPPNU saja. Tetapi menjadi gerbang menjadi kader NU dan Muslimat yang militan”. Sebelum membuka acara Makesta Raya, ia juga menyampaikan. “Dengan kegiatan ini kalian dibekali diri untuk menjadi pengurus NU ataupun Muslimat di masa yang akan datang. Kami harapkan para pelajar, khususnya pelajar NU sekarang harus bisa membangun negeri melalui organisasi”. Terang ketua MWC NU Kemranjen.
Ditemui terpisah setelah acara pembukaan. Dewi selaku ketua PAC IPPNU menyampaikan bahwa peserta masih akan bertambah dari target awal hanya 300 peserta. “Kemungkinan mereka datang Sabtu malam. Karena sebagian dari mereka ada yang baru pulang Sabtu sore. Target kami hanya 300. Karena antusias para pelajar yang ingin ikut IPNU dan IPPNU. Kami masih membuka peserta pendaftaran sampai malam ini”. Terangnya.
Kegiatan melibatkan seluruh IPNU IPPNU se Kab. Banyumas. Sebagai fasilitator yaitu PAC Kemranjen. Sebagi instruktur yaitu Pengurus PC yang akan segera di lantik pada November mendatang dibantu oleh Alumni TOT dan Latin. Turut hadir dalam acara pembukaan Makesta Raya ini yaitu Pengurus PC IPNU demisioner. Serta Komandan CBP dan KPP demisioner. Mereka juga dilibatkan sebagai instruktur sampai malam Minggu. Sedangkan Minggu pagi sampai selesai akan di lanjutkan oleh pengurus PC IPNU terpilih.
Saat breefing Ardi menyampaikan. ”Acara ini juga di bantu oleh Afif dan Fatimah sebagai instruktur dari PC Kab. Purbalingga”. Ia juga menyampaikan banyak terima kasih kepada yang sudah hadir dan yang akan menyusul. “Mereka adalah alumni TOT dan Latin yang kami undang khusus untuk membantu Makesta Raya ini.” tambah kordinator departemen pengkaderan PC IPNU Kab. Banyumas.
Seluruh peserta dibagi menjadi 8 kelas atau ruang. Sedangkan setiap ruang terdiri dari 4 kelompok. Disini juga para peserta belajar demokratis untuk memilih ketua kelompok dan ketua kelas. Mereka belajar sejak dini karena beberapa diantara mereka adalah pemilih pemula yang akan menggunakan hak pilihnya pada Pilkada 27 Juni 2018 mendatang /red.
Zikri salah satu dari peserta Makesta merasa senang ikut kegiatan Makesta Raya. “Saya senang mengikuti kegiatan ini. Liburan bingung mau kemana, ya jadi ikut Makesta saja”, Ia juga menyampaikan apa yang ingin dia capai dari kegiatan ini. “Saya ingin menjadi pemimpin nanti, jadi saya mulai belajar dari sekarang”. Tambah ketua kelas di ruang 6.
Pada Minggu pagi bertepatan dengan Hari Santri Nasional seluruh peserta dan Panitia mengadakan upacara dalam rangka Hari Santri Nasional. Makesta Raya dilanjutkan setelah ceremonial, diantaranya adalah teori dan praktek diskusi yang jarang di terapkan di Makesta.
Disela sela-sela kegiatan. Ketua PAC Kemranjen, Khablul Watsiq menyampaikan. “Setelah Makesta Raya, kegiatan selanjutnya akan dimeriahkan dengan Porseni di Ranting Alasmalang”. Setelah seluruh kegiatan dalam rangka Hari Santri Nasional. Selanjutnya PAC akan segera Konferancab. “Karena ketua PAC IPPNU akan ke luar negeri untuk melanjutkan study-nya, maka akan segera dilakukan pemilihan ketua PAC baru melalui Konferancab. Setelah seluruh kegiatan memperingati Hari Santri Nasional selesai”. Tambah Gus Ilul, biasa dipanggil. Ia juga mohon doa dari para kader IPNU dan IPPNU agar mendoakan Rekanita Dewi selaku ketua PAC IPPNU yang mendapat beasiswa ke luar negeri.
(Andi dan Sulistyo)

Leave a Response