Turut Gaungkan Merdeka Belajar, PW IPNU – IPPNU Jateng Dorong Pentingnya Pendidikan Karakter

Semarang, 15 September 2021

Setelah sukses dengan Dialog Inspiratif Seasion I bulan lalu, Pimpinan Wilayah Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama Provinsi Jawa Tengah menggelar Dialog Inspiratif Season II dengan Tema “Pelajar Kita, Bisa Merdeka”. Acara yang digawangi oleh Tim Bidang Jaringan Komisariat Sekolah dan Pesantren PW IPNU-IPPNU Jawa Tengah ini diikuti oleh seluruh Pimpinan Komisariat di tingkat Madrasah/ Sekolah seluruh Jawa Tengah.

Dialog yang diikuti oleh ratusan peserta mengangkat tema besar Merdeka Belajar yang tentu saja adalah rekan-rekan usia palajar agar pemahaman mereka terkait apa yang menjadi gaungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tersebut dapat meningkat.

Dialog dimulai dengan sambutan dari Ketua Pimpinan Wilayah IPPNU Provinsi Jawa Tengah Rekanita Nirma Aini Masfufah yang menambahkan pelajar kita harus-benar merdeka “Kita harus benar-benar merdeka, artinya merdeka dalam belajar, merdeka dalam dan merdeka dalam membuat karya”. Sementara itu, Rekan Syaeful Kamaludin selaku Ketua Pimpinan Wilayah IPNU Provinsi Jawa Tengah menyampaikan Orasi Orientasi Kepelajaran. Beliau menyampaikan bahwa kemerdekaan dalam belajar juga harus diimplementasikan dalam pembentukan karakter “Pembangunan Karakter merupakan usaha yang dilakukan secara sengaja, sistematis, terarah untuk membentuk keutamaan sikap etis-moral individu sebagai subjek agar mereka memiliki kompetensi pengetahuan, kompetensi sikap dan tindakan yang sesuai dengan idealisme keutamaan hidup baik sebagai manusia autentik”.

Berkesempatan menjadi Pembicara Utama, Wakil Gubernur Jawa Tengah Bapak H. Taj Yasin Maimoen memberikan paparan yang menarik perlunya agar setiap pelajar yang sedang berjuang dalam situasi seperti sekarang untuk selalu mengungkapkan mimpinya, berjuang untuk menggapai dan tak pernah menyerah.

“Generasi muda harus memiliki daya juang yang tinggi, jika dulu generasi muda memperjuangkan kemerdekaan dengan perlawanan terhadap perjuangan, maka saat ini generasi muda harus siap menyesuaikan diri dengan situasi yang menuntut kita untuk beradaptasi terhadap perkembangan sehingga semua kita benar-benar mencapai kemerdekaan , termasuk kemerdekaan dalam belajar.”

Beberapa narasumber yang turut menginspirasi para peserta melalui materi yang disampaikan juga membuat peserta yang mengikuti kegiatan tersebut dengan antusias. Dalam paparannya, pemateri yang juga merupakan pembina PW IPNU Jawa Tengah Bapak Dr. Hasan Chabibi, ST, M.Si. sebagai Plt. Kepala Pusat Data dan Teknologi Informasi Kemdikbud RI menyampaikan bahwa ada hal yang berbeda dari kebiasaan pada masa lalu dan pada masa sekarang yang kita semua harus benar-benar menyesuaikan. “Kita harus lebih sadar pada hal-hal kecil di sekeliling, terus melakukan pemanfaatan teknologi, Berpikir Kreatif dan menjunjung tinggi nilai-nilai toleransi” menambahkan.

Pemaparan materi terakhir disampaikan oleh Ketua Komisi E DPRD Provinsi Jawa Tengah Bapak Abdul Hamid, S.Pd.I yang membahas tentang perlunya sarana pembangunan dan prasarana pendidikan dengan sumber dayanya.

Dialog Inspiratif Komisariat ini diharapkan mampu memberikan wawasan baru kepada rekan-rekanita pelajar NU seluruh Jawa Tengah agar dapat meningkatkan kualitas diri dan mendukung hasil belajar. Demikian yang disampaikan oleh Tim Jaringan Komisariat Sekolah dan Pesantren PW IPNU Provinsi Jawa Tengah.

adminipnujat

adminipnujat

Leave a Reply

Open chat
Butuh Bantuan?
Haiii.. Selamat datang di Website Resmi PW IPNU Jawa Tengah dan 180 Channel (IPNU Jateng Media Coorporation)

Ada yang bisa Admin bantu?

Info lebih lanjut silahkan klik tombol Open Chat